MeNgintip tetangga bangun Jalan Tol

MeNgintip tetangga bangun Jalan Tol

Bulan Juni 2005.
Baru saja menyelesaikan proyek Jalan Tol Cipularang, yang dioperasikan bulan Mei 2005. Kami diberi kesempatan berkunjung ke proyek jalan Tol di Australia. 
Bulan Juni cuaca di Sydney masih dingin utk orang asia dan bagi penduduk  lokal dikatakan tersejuki ketika suhu udara rata-ratanya jatuh di antara 8,8 - 17°C 

Proyek Westlink Motorway di Sydney barat
Sedangkan kontrak konstruksinya dengan kontraktor Abigroup Contractors and Leighton Contractors Joint Venture.
Westlink Motorway Limited, merupakan perusahaan konsorsium yang mendapatkan konsesi  dari pemerintah (RTA) untuk mengelola (design, construct, operate and maintain) Jalan tol sepanjang 40km selama 34 tahun.

Jalan Tol ini berada di baratdaya pusat kota Sydney.  Menghubungkan M5 motorway di Prestons,  M2 motorway di West Baulkham Hills dan M4 motorway di Eastern Creek.

Dalam pelaksanaanya, Westling membuat kontrak design dengan konsultan SMEC and Maunsell Joint Venture. 

Sebelum kunjungan ke Proyek jalan Tol, terlebih dulu kita mendapatkan briffing tentang gambaran umum transportasi di Sydeny, khususnya tentang jalan raya. Penjelasan diberikan oleh pejabat dari the NSW Road and Traffic Autority (RTA) atau Bina Marganya Indonesia. Badan inilah yang mempunyai kewenangan pengaturan tentang jalan baik Highway yang spesifikasinya sama dengan jalan Tol namun tidak dipungut bayaran, Motorway yang merupakan jalan tol (istilahnya bukan Tollway) maupun Local Road.DATA TEKNIS WESTLING MOTORWAY PREOJECT 
  • Panjang jalan                     : 40 km
  • Jaringan jalan pedistrikan  : 40 km
  • Terdiri   : 2 Jalur masing-masing 2 lajur
  • Median :12 m  (option utk public transportation)
  • Jembatan       :19 buah
  • Interchanges  : 17 buah
  • Overpasses/underpasses : 38 lokasi
  • Fully electronic tolling sehingga tidak menggunakan gardu tol.

  • Total Biaya                : Aus$ 1,5 billion (Rp.9,5 T)
  • Waktu Pelaksanaan  : 3 tahun - Juli 2003 s/d Agust 2006
Proyek ini dimulai dengan amdal yang dilakukan awal tahun 2001.
Setahun kemudian bulan Februari 2003 penandatangan kontrak konsesi dari pemerintah kepada Perusahaan Investor Westlink Motorway.
Selanjutnya bulan Juli 2003 dimulai konstruksi dan direncanakan selesai bulan Agustus 2006. Saat kunjungan dilakukan bulan Juni 2005, proyek telah mencapai progres 65%. Mr. Chris Bryce, ALJV Construction Manager (GS nya kontraktor) mengatakan dengan penuh keyakinan bahwa April 2006 Motorway sudah siap dioperasikan.




Baik dari segi design maupun pelaksanaannya.
Hal ini segera mudah dipahami dengan melihat desain perkerasan.
Perkerasan terdiri dari subbase 30cm; LC 15cm; Rigid 24 cm bertulang ulir d.16cm; dan masih diaspal 5cm.



Dalam pelaksanaannya, Cor LC setebal 15 cm, langsung menggunakan Paver dengan Batchingplan yang dapat dipindahkan dengan mudah dan mempunyai kapasitas 250m3/jam, BP tersedia 3 buah.
Maka segera terbayang waktu di Proyek Cipularang ketika melakukan pengecoran dengan waktu yang bersamaan, terjadi ”Rebutan Beton” antar paket satu dengan lainnya.


Pemasangan tulangan lantai Rigid dengan 2 lapis selebar 10,50m dilakukan "hanya" dengan tukang 15 orang dan 5org yang siap bergantian secara kontinyu. Pengecoran dengan Piver dilakukan sekaligus.
Operator Paver merupakan profesi yg sangat penting Gajinya lebih besar daripada insinyur muda.
Maka seketika itu Sayapun segera terbayang waktu pasang tulangan diJembatan Cipada dengan lebih 100orang tukan besi.  

Perhatian Rombonganpun segera tertuju pada benda kecil sperti kerucut setinggi 4cm dan 18cm yang tergatung pada baja tulangan, dan kitapun segera tahu bahwa itu adalah Pengganti beton dekking dari plastik, pengganti ”batu tahu” istilah yang lazim diproyek.


Beberapa hal yg perlu kita catat.
  1. Proyek direncanakan dengan baik dan tertip mulai dari Amdal.
  2. Design yg mantab, dengan memperhitungkan umur rencana, menurut penjelasan selama konsesi Beton Rigid tetap stabil.
  3. Waktu Pelaksanaan yg memadai 3tahun pelaksanaan.
  4. Operator Paver adalah Profesi yg di hargai dengan Lisensi dan ujian yg baik, shg pekerjaan mereka dari tahun2 ketahun yaa operator. Kita sering menjumpai operator Paver di proy2 kita yg katanya pengalaman, namun terakhir kerja sdh 3-5tahun lalu. karena sementara beralih profesi.
  5. Masalah Biaya.? adalah konsekwensi dari Lingkup kerja maupun spesifikasi.
    Utk sama-sama bangun jalan Tol 40km, biayanya Lebih 4 kalinya Proyek Cipularang.
JUNI-2005
https://www.facebook.com/notes/sonhadji-srm/mengintip-tetangga-bangun-jalan-tol/10152360818443969/

Komentar

Dewa purba mengatakan…
ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen

Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

* DominoQQ
* Poker
* Bandar Ceme
* Capsa Susun
* Super 10
* Ceme Keliling
* Omaha Poker

=> Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
=> Menerima Deposit VIA PULSA dan OVO (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)

* Pusat Bantuan ituDewa

LINE : ituDewa
WECHAT : OfficialituDewa
WHATSAPP : +85511251182

Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
Tips Permainan Kartu Online Indonesia
* Inspirasi Meraih Mimpi



USIAKU 60 TAHUN

RIWAYAT AZAN DAN IQOMAT

UMUR YANG BAROKAH

IBU-9- (BODO LONGA-LONGO ORA KOYO KEBO)