JEJAK-JEJAK JASAMARGA DI PULAU ANDALAS

JEJAK-JEJAK JASAMARGA DI PULAU ANDALAS

Pulau Andalas adalah nama lain dari Pulau Sumatra. Bung Hatta lah yang telah mengabadikan nama Andalas untuk sebuah Universitas di Sumatra Barat itu
Universitas yang tertua di pulau Sumatra. Didirikan tahun 1955. .


Langkah awal Jasamarga di Pulau yang kini dikenal dengan nama Sumatra itu adalah mengoperasikan Jalan Tol. Jalan tol ini mulai beroperasi pada 1986. Dengan panjang 34 kilometer dan 2x2 lajur. Menghubungkan Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa. Oleh karenya dikenal dengan nama singkatan Belmera.
Dibangun oleh kontraktor Takenaka Nippo Hutama. Konsultannya dari Jepang, PCI (Pacific Consultant International).

Selanjutanya membangun
Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km.Diusahakan oleh PT Jasamarga Kualanamu Tol. Anak usaha Jasamarga ini didirikan tahun tahun 2014. Tahun yang sama dengan presiden SBY menugaskan PT HutamaKarya untuk membangun Trans Sumatra.

Jalan Tol Trans Sumatara yang dibangun dari provinsi Lampung sampai provinsi Aceh. Ruas Bakauheni sampai Terbanggi Besar sepanjang 140.km telah beroperasi secar penuh.
Sedangkan Terbanggi Besar - Pematang Panggang sepanjang 112.km sedang dalam uji kelayakan. Akan beroperasi dibulan-bulan mendatang. Begitu juga dari Kayu Agung sampai Palembang(Jakabaring) diharapkan tahun 2020 bisa beroperasi. Jalan ini merupakan bagian dari jalan tol Kapalbetong. 
Kayuagung-Jakabaring (34.km). Jakabaring-Musilandas(34.km) dan Musilandas-Betung (44.km)



Disamping jejak-jejak tangan dingin Jasamarga dalam membangun (https://swara-ilhami.blogspot.com/2019/08/tangan-tangan-dingin-jasamarga-di-tol.html ), juga masih ada jejak-jejak lain. Dalam bidang pengoperasian.

Adalah Septerianto Sanaf,  yang telah lama merintis untuk dapat mengoperasikan jalan tol Tras Sumatra itu. Melalui Anak Usaha Jasamarga. PT JLO. Jasa Layanan Operasi. Anak usaha Jasamarga yang ruang lingkup kegiatannya di bidang jasa pengoperasian jalan tol.
Nama itulah yang sampai kini masih tertera diPortal resminya Jasamarga. 
Konon, kini telah berganti nama menjadi PT JMTO. Jasamarga Toll Oprator.
Septerianto Sanaf, yang telah puluhan tahun bekerja dibidang operasi jalan tol itu. Akhirnya dapat memenangkan kompetisi. Mengalahkan kompetitornya dari group Citra dan Astra. Mendapat kontrak untuk pengoperasian jalan Tol Bakauheni - Terbanggi besar 140.km. Juga untuk pengoperasian ruas selanjutnya Terbanggi Besar Pematang pangga 112.km.

"Kontraknya telah ditanda tangani" kata insinyur alumni Parahyangan yang lebih dikenal denga pak Aan ini.

Begitu juga nantinya untuk mengoperasikan ruas tol Kapalbetong. Kini diusahakan oleh PT Waskita Sriwijaya Tol. "Proses pengadaan operatornya telah selesai. Dan PT JLO juga yang akan mengopersikan" ujar ir.Sumedi di Palembang saat uji fungsiional beberapa waktu lalu. Ir.Sumedi adalah salah satu personel Purna Bakti Jasamarga diProy Kapal Betung.
PT JLO. eeehhh..  PT JMTO kini telah mengantongi kontrak pengoperasian Jalan tol Trans Sumatra sekitar 400.km. Khusus dibidang transaksi dan pelayanan lalu lintas. 
Kontrak-kontrak itu diluar Jalan tol Palindra yang dioperasika oleh Group Astra. ( 
https://swara-ilhami.blogspot.com/2019/08/jejak-tangan-tangan-jasamarga-dijalan.html ) .
Sayangnya kontrak-kotrak dimaksud baru untuk jangka waktu pengoperasian 1.tahun Selanjutnya kemungkinan untuk operatornya akan ditenderkan lagi.

29.September 2019.
shd.trans.smatra

Komentar

USIAKU 60 TAHUN

RIWAYAT AZAN DAN IQOMAT

UMUR YANG BAROKAH

IBU-9- (BODO LONGA-LONGO ORA KOYO KEBO)