MENENGOK IBU (I B U - 6 - )


MENENGOK IBU
I B U - 6 -   


Beberapa bulan lalu. Tahun Lalu. Ketika saya pulang menengok ibuku.
https://swara-ilhami.blogspot.com/2018/08/ladangamal.html

Sy tidur tidak jauh dari tempat tidur ibu. Tengah malam ibu memanggil. Saya mendekat. Saya pegang tangannya. Ibu berbicara. Suaranya jernih. Tangannya menunjuk-nunjuk. Sepertinya menceritakan masa lalu. Waktu yang sudah lama sekali. Sehingga saya juga ngak mudah menangkapnya. Kata kakaku. Juga mbakyuku. Tahun terakhir ini ibu sering cerita seperti itu.

Sambil saya usap-usap kepalanya. Saya bisikkan ketelinganya. Bacaan ayat-ayt Alquran. Saya ajak ngaji bersama. Bacaannya pun lancar.

Kemudian Diam. Saya kira sare. Tidur. Saya berhenti membacakannya.
“Dek iseh enom surat-surate akeh sing apal. Sak iki akeh sing lali”. Kata ibuku. Ternyata belum tidur.
“Yo wiss… monggo ngaji melih..” kataku sambil melanjutkan bacaan ayat-ayat AlQuran. Bareng ibuku.

Sampai ibuku sare. Tidur.  Dan seperti biasa. Sekitar satu jam sebelum subuh. Ibuku sudah bangun. Mbak Narti membantu meraikan. Dan menyiapkan Unjukan. Susu khusus untuk orang tua. Wudhu. Sholat. Sampai jamaah subuh.

*mengenang  #ibu Wafat26Feb2019

Komentar

USIAKU 60 TAHUN

RIWAYAT AZAN DAN IQOMAT

UMUR YANG BAROKAH

IBU-9- (BODO LONGA-LONGO ORA KOYO KEBO)